Empty

Total: 0 IDR

Mengenal Bee Pollen: Makanan Paling Sempurna

Mengenal Bee Pollen: Makanan Paling Sempurna

Bee Pollen adalah makanan bergizi lengkap sehingga sering disebut super food. Pembentukan makanan super (superfood) adalah fenomena yang jarang terjadi secara alamiah. Makanan super diperoleh dari sumber makanan yang memiliki kandungan gizi berkualitas yang kompleks. Bee pollen merupakan makanan super paling terkenal. Fitonutrien yang ditemukan pada Bee Pollen jumlahnya ribuan. Zat gizi yang termasuk dalam kategori polifenol ini berfungsi sebagai anti-oksidan. Bee Pollen mengandung anti- oksidan yang paling aktif di antara bahan makanan lain.

Kekuatan optimum serta daya tahan tubuh terhadap berbagai penyakit bisa diperoleh dengan menambahkan 20% bee pollen pada makanan kita. Bee Pollen dengan kelengkapan unsur gizinya, bekerja terutama pada sel-sel metabolisme.

MENGAPA BEE POLLEN DIANGGAP SEBAGAI SUPLEMEN PALING SEMPURNA DI DUNIA SEJAK AWAL SEJARAH MANUSIA ?

1.       Kitab suci agama-agama tauhid, seperti zabur, taurat, injil, dan Al Quran telah menyebut lebah sebagai sumber makanan alami yang mengagumkan.
2.       Sumber-sumber kebudayaan kuno menuliskan hal yang sama, misalnya catatan dari asia timur, yunani kuno, romawi, negara-negara timur tengah, dan berbagai suku bangsa lain.
3.       Abad ke-20 merupakan saat ditemukannya kembali pollen sebagai satu-satunya suplemen sempurna di muka bumi ini, sehingga timbul
‘ istilah “pollen is o miracle food”. Hal itu berarti, kebenaran khasiat pollen yang sudah diketahui sejak lama diterima, dimanfaatkan, dan diperkenankan kembali oleh para ahli dan para dokter masa kini, melalui penelitian laboratorium serta percobaan ilmiah secara empiris.
4.       Pada abad ini, penemuan iimiah tentang khasiat bee pollen dipelopori Prof. Nicolai Vasilleivich Tsitsin, Ketua Lembaga Biologi dan Botani Rusia (London Sunday Express, 15 April 1945) ketika meneliti warga Rusia yang berumur lebih dari 100 tahun. Ternyata, lebih dari 200 responden yang diteliti semuanya memelihara lebah. Karena kemiskinan, semua madu hasil peternakan mereka jual dan mereka hanya makan residunya sebagai makanan pokok. Dan penelitian diketahui bahwa residu tersebut bukanlah ampas madu, melainkan bee pollen, serbuk sari bunga yang dikumpulkan lebah.
5.       Dr. Paavo Airola, pakar gizi terkenal, ahli pengobatan dan kesehatan biologi dan holistik asal Amerika, menyatakan, “Honey bee pollen merupakan makanan palling ‘kaya’ di alam, berkhasiat meningkatkan daya tahan tubuh, mempercepat proses penyembuhan penyakit, memiliki sifat peremajaan, dan memperlambat proses penuaan”.
6.       Mme. Aschenasy Leru, Kepala Pusat Penelitian Ilmiah “‘Prancis, Paris, menemuKan bahwa pollen mengandung 40-80 % asam glutamat bebas (sejenis protein yang tidak diproduksi manusia), yang mencegah penyumbatan darah di otak; mengatasi kecanduan alkohol; serta meningkatkan IQ, termasuk pada anak yang menderita keterbelakangan mental, konsentrasi, dan kemampuan belajar.

Penelitian dari Royal Society of Naturalist of Belgium and France

Suatu penelitian menyimpulkan bahwa seseorang dapat hidup hanya dengan mengkonsumsi bee pollen dan air. Analisa kimia menunjukkan kualitas kandungan bee pollen, yang sangat penting untuk kehidupan. Bee Pollen bahkan disebut sebagai “keajaiban” yang diberikan lebah.
Bee Pollen tidak dapat dibuat di dalam laboratorium. Kompleksnya kandungan yang ada dan adanya beberapa unsur senyawa yang belum teridentifikasi, membuat Bee Pollen sulit untuk disintesa (dibuat). Beberapa ilmuwan yakin, bahwa factor misterius ini membuat bee pollen justru memiliki nilai lebih dalam hal pemeliharaan kesehatan.
Jika anda ingin awet muda, tahan terhadap serangan penyakit, relative sehat, konsumsilah bee pollen . janji ini hanyalah perkataan semu belaka, jika anda belum mencoba ada bukti tentang apa dan bagaimana khasiat bee pollen.
Pengetahuan tentang khasiat bee pollen ternyata sudah setua umur peradaban manusia, boleh dikatakan sejak manusia mengenal tanaman dan bunga. Tak terhitung peninggalan sejarah di seluruh dunia, seperti di Amerika, Spanyol, Prancis, Inggris, Yunani, Itali, Mesir, Timur Tengah, hingga Cina membuktikan betapa besarnya peran lebah yang menghasilkan bee pollen, madu, dan royal jelly pada kehidupan manusia. Para filsuf ahli kesehatan dan tokoh masyarakat masa lampau telah mengkonsumsi bee pollen untuk menyempurnakan kebutuhan makan mereka guna memelihara kesehatan. Mereka juga menggunakannya untuk pengobatan berbagai penyakit dan pencapaian umur yang panjang.

APAKAH BEE POLLEN ITU ?

Bee Pollen berasal dari kata Bee (lebah) dan Pollen (serbuk sari bunga jantan), jadi Bee Pollen berarti Serbuk Sari Bunga Jantan yang diambil oleh lebah dan digunakan sebagai makanan pokok dari seluruh koloni lebah madu.

Istilah yang sering digunakan oleh para peternak untuk Bee Pollen adalah “Roti Lebah”. Proses pengambilan Bee Pollen itu sendiri sangat sederhana. Sewaktu lebah menghisap nektar (bakal madu) dari bunga, serbuk sari bersama nektar dan liur lebah terkumpul kemudian disimpan pada kantung pollen yang terdapat pada kakinya.
Bee Pollen adalah unsur reproduksi jantan pada tumbuhan yang berbentuk debu halus yang berwarna kuning keemasan. Pollen terdapat pada benang sari bunga tanaman. Setiap butir pollen mengandung 100.000 hingga 5 juta spora pollen, yang masing-masing memiliki kemampuan untuk bereproduksi sehingga terbentuklah bunga, buah, padi¬- padian, pohon, dan sebagainya.

NILAI NUTRISI BEE POLLEN

Bee Pollen mengandung zat gizi yaitu:

  • Zat Hidrat Arang
  • Protein (dalam bentuk asam amino esensial)
  • Asam lemak esensial
  • Vitamin
  • Mineral
  • Enzym
  • Hormon-hormon yang dibutuhkan tubuh untuk proses regenerasi sel-sel jaringan.

Dengan komposisi zat gizi yang seperti di atas, maka dapat kita simpulkan bahwa Bee Pollen sangat cocok sebagai makanan kesehatan terutama yang tujuannya untuk menguatkan sel-sel jaringan tubuh agar tidak mudah rusak akibat proses metabolisme pembakaran yang menghasilkan ENERGI.
Bee pollen mengandung sekurangnya 18 asam amino, termasuk 8 di antaranya yang esensial. Selain itu, bee pollen mengandung lebih dari 12 vitamin, 28 mineral, enzim dan koenzim yang tidak terhitung jumlahnya, 14 asam lemak penting, 11 karbohidrat, dan 25%-35% dari beratnya merupakan protein. Pollen mudah dicerna dan sangat kaya akan gizi bagi manusia.

MANFAAT BEE POLLEN

 Karena memiliki khasiat sebagai pembangunan sel, penguat diri, maka kegunaan dari konsumsi Bee Pollen menjadi sangat penting bagi perawatan kesehatan, optimalisasi stamina tubuh (tidak mudah lelah) dan meningkatnya daya tahan tubuh secara keseluruhan, baik terhadap bibit penyakit maupun terhadap tekanan fisik dan psikis (kejiwaan).
Oleh sebab itu tidaklah berlebihan bila manfaat Bee Pollen bagi individu sehat antara lain:

  • Mendukung proses pertumbuhan dan perkembangan anak, terutama sel jaringan otak.
  • Penambahan gizi bagi wanita hamil dan menyusui.
  • Meningkatkan daya berpikir dan daya konsentrasi baik untuk anak, remaja, usia sekolah dan dewasa.
  • Meningkatkan stamina tubuh bagi para penggemar olah raga, untuk mencapai prestasi tertinggi.
  • Meningkatkan daya kekebalan tubuh terhadap berbagai serangan bibit penyakit.
  • Sebagai stabilisator sistem metabolisme tubuh.
  • Mempertahankan dan memelihara sistem reproduksi baik pria maupun wanita.

Bagi penderita penyakit, manfaat Bee Pollen menjadi sebagai pemulih dari berbagai kelainan yaitu antara lain:

  1. Pemulihan keletihan, fisik maupun psikis.
  2. Menanggulangi masalah nafsu makan yang hilang akibat berbagai penyakit.
  3. Menanggulangi kekurangan gizi.
  4. Menghambat terjadinya proses penuaan (degenerasi) yang dini.
  5. Menanggulangi berbagai kendala yang berhubungan dengan kelainan jantung.
  6. Membantu masalah pada pembuluh darah (penyempitan dan kelenturan).
  7. Menanggulangi masalah darah (kurang darah/anemia).
  8. Membantu memulihkan gangguan sistem pencernaan (termasuk diare kronis,
    sulit buang air besar, infeksi usus).
  9. Membantu kurangnya daya penglihatan akibat kekurangan gizi.
  10. Gangguan persendian.
  11. Masalah lain seperti kelainan kulit yang disebabkan kekurangan zat gizi.
  12. Menjaga jaringan yang sehat dan mencegah kanker.
  13. Memberikan daya seksual.
  14. Menghilangkan rasa lelah-penunjang energi.
  15. Meringankan kelelahan mental.
  16. Meningkatkan kekuatan daya pikir.
  17. Membantu mengatasi masalah jantung karena bee pollen kaya akan enzim rutin.
  18. Menjaga agar sel-sel tetap muda melalui pembaruan sel
  19. Sebagai antioksidan yang paling bekhasiat dibandingkan dengan makanan alami lain.

Khasiat bee pollen tersebut di atas diperkuat dengan berbagai catatan peninggalan masa lalu dan terkini. Sebuah mitologi Yunani melukiskan resep kehidupan kekal para dewa penghuni Gunung Olimpus. Mereka biasa minum dan mandi larutan yang disebut ‘ambrosia’, campuran susu dan madu (yang mengandung pollen).
De Senectute, buku karya Cicero (106-43 SM), seorang pujangga Romawi, malah menuliskan bahwa hampir setiap rumah tangga Romawi selalu menyimpan madu dan bee pollen sebagai pelengkap makanan, yang dipercaya sebagai anugerah dewa untuk melindungi kesehatan manusia.

Cara Kerja Bee Pollen terhadap Tubuh Manusia

 Bee Pollen dengan kandungan utamanya adalah asam amino esensial, memiliki kemampuan untuk mengatur, menstabilkan dan melakukan perbaikan kerja sel, dalam hal ini yang dimaksud adalah:

  • Replikasi (perkembangbiakan sel untuk menggantikan sel yang mati)
  • Rehabilitasi (perbaikan sel yang rusak)
  • Fungsi (mengoptimalkan fungsi sel tergantung dari asal jaringan dan organ apa sel itu membentuk).

Ketiga hal tersebut di ataslah yang membuat seseorang merasa sehat, kuat dan bugar bilamana berjalan dengan normal dan seimbang.
Namun banyak dari kita sebagai manusia dengan berbagai kesibukan dan kegiatannya, cenderung melupakan bahwa kita membutuhkan pengaturan dan stabilisator kerja sel agar dapat berfungsi secara optimal.
Perlu diketahui pula bahwa adanya kecenderungan sel normal berubah menjadi sel abnormal akibat berbagai sebab antara lain:

  • Penyakit infeksi
  • Polusi udara
  • Makanan dan minuman
  • Penggunaan obat-obatan tidak sesuai dengan cara pakai

Semua hal di atas merupakan pengganggu dari stabilitas pekerjaan sel yaitu mengganggu Replikasi, Rehabilitasi dan Fungsi.
Kemampuan Bee Pollen dalam melakukan efisiensi dan efektifitas metabolisme terbentuknya energi, membuat Bee Pollen menjadi salah satu bahan penting untuk produk makanan kesehatan yang dipergunakan untuk mencegah terjadinya kegemukan, dengan cara menghalangi terjadinya proses penumpukan zat gula yang tidak terpakai, tersimpan sebagai lemak.
Bee Pollen dengan kandungan asam amino esensial yang lengkap, mampu membentuk sistem ketahanan tubuh yang normal, melalui pembentukan antigen-antibodi yang sempurna, sehingga memungkinkan Bee Pollen untuk menghalangi proses pembentukan zat anti abnormal yang kita kenal sebagai proses alergi.
Bee Pollen bukan obat, namun menurut seorang ahli kesehatan, pada kasus tertentu, dapat dipergunakan sebagai obat dengan tujuan untuk menyembuhkan penyakit.
Namun perlu diperhatikan bahwa Bee Pollen merupakan makanan kesehatan alami yang dengan kandungan gizinya yang lengkap dan seimbang dapat membantu tubuh kita melakukan fungsi-fungsinya yang optimal untuk pencapaian kondisi kesehatan yang prima.

Apa yang Anda Rasakan setelah Mengkonsumsi Bee Pollen ?

Sebagaimana telah kita ketahui bahwa kondisi fisik, keseimbangan kimia di dalam tubuh serta reaksi penerimaan tubuh terhadap sesuatu yang berasal dari luar sangat bervariasi / berbeda. Atas dasar tersebut itulah, maka tentunya apa yang dirasakan dan terjadi antara satu orang dengan yang lainnya pasti berbeda.
Manfaat setelah mengkonsumsi Bee Pollen dapat dirasakan sekurang-kurangnya setelah 30 hari, namun ada yang sudah merasakan setelah mengkonsumsi 10 hari, atau kadang-kadang setelah 2 - 3 bulan. Kita berharap agar manfaat kesembuhan dapat terasa dalam semalam, namun Dr. Bernard Jensen, dari Escondido, California mengatakan : "Janganlah anda berharap manfaat sebelum mengkonsumsi Bee Pollen selama 1 tahun, namun jangan terkejut bila anda telah merasakannya sebelum jangka waktu tersebut". Yakinlah bahwa anda akan merasakan peningkatan kesehatan dengan setiap gram dari Bee Pollen yang anda konsumsi, dan bersabarlah.
 

Gejala Awal yang Ditimbulkan pada Awal Penggunaan Bee Pollen

1. Panas dalam dan sariawan, merupakan hal yang lazim terjadi, yang mana ini menunjukkan bahwa seseorang selama ini mengalami kekurangan zat gizi tertentu.

Kejadian yang sama pun akan pernah dialami seseorang bila mengkonsumsi pil-pil multivitamin.

Reaksi tersebut di atas merupakan reaksi awal, yang sifatnya hanya sementara, namun seringkali karena dirasakan mengganggu maka cenderung tidak mengkonsumsinya lagi, karena berbagai alasan seperti takut.

Reaksi awal yang hanya berlangsung antara 1 - 2 minggu dan terjadi pada sebagian kecil pemakai ini, membutuhkan konsultasi dan atau diyakinkan bahwa hal tersebut biasa terjadi dan tidak perlu khawatir, karena setelah masa penyesuaian maka dia akan dapat menikmati khasiat Bee Pollen.

Apabila keadaan ini berlanjut dan mengganggu, maka dapat diambil langkah untuk menurunkan dosisnya kemudian ditingkatkan perlahan-lahan setelah 1 - 2 minggu setelah tubuh sudah mulai terbiasa dengan Bee Pollen.

2. Mengantuk
Bisa saja dirasakan pada orang yang baru menggunakannya untuk pertama kali, hal mana menunjukkan bahwa ia membutuhkan istirahat.
Bila hal ini terjadi, maka dianjurkan pada mereka untuk mengkonsumsinya pada malam hari agar merasa segar pada waktu bangun pagi keesokan harinya.

Kejadian sebaliknya dapat terjadi, yaitu dengan mengkonsumsi Bee Pollen justru merasa segar, bagi pengguna seperti ini dapat dianjurkan agar mengkonsumsinya pada pagi atau siang hari, agar dapat membantu mereka dalam menyelesaikan tugasnya.

Kembali ke Bee Knowledge

Copyright © 2014 MaduQueenBee.com
Website by Webtivia